FAQ

Teknik Kimia adalah disiplin yang luas yang membawa ilmu kimia murni ke bidang teknik untuk mengembangkan teknologi, untuk merancang, untuk mengoperasikan dan mengoptimisasi proses kimia untuk memproduksi produk kimia komersial. Sarjana teknik kimia bekerja untuk membuat produk-produk petrokimia, polimer, mikroelektronik, pupuk, peralatan biomedis, kertas, zat warna, obat-obat dan makanan.

Teknik Bioproses adalah salah satu kekhususan bidang teknik kimia yang bertujuan mengembangkan proses dalam memproduksi produk-produk dengan basis proses biologi.

Profesi teknik kimia menawarkan tantangan karir di industri kimia, industri minyak dan energi, teknologi lingkungan dan lain-lain. Sarjana S1 bidang teknik kimia banyak yang memperoleh gaji yang tertinggi diantara semua tingkat sarjana S1 lainnya. Informasi lebih lanjut tentang karir di bidang teknik kimia bisa didapatkan di:
http://www.careercornerstone.org/chemeng/chemeng.htm
http://www.chemicalengineering.org/

Banyak sarjana bekerja di industri minyak dan gas, industri kimia, perusahaan EPC, industri makanan dan barang-barang konsumen. Departemen memiliki ikatan yang kuat dengan industri dan lulusannya banyak dibutuhkan. Secara rata-rata, lulusan memperoleh pekerjaan dalam waktu 3 bulan setelah wisuda.

Untuk program S1, mata-mata pelajaran matematika dan sains dan mata-mata pelajaran pendukung lainnya yang ditawarkan sekolah anda perlu disiapkan dengan baik.

Gelar diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus 145 kredit dengan minimum nilai C dan maksimum waktu studi 6 tahun. Bacalah Buku Petunjuk Akademik FTUI untuk informasi yang rinci dan untuk studi tingkat master dan doktor.
Buku Petunjuk Akademik bisa dilihat di:
http://eng.ui.ac.id/sarjana-kelas-regular/

Departemen Teknik Kimia UI menawarkan bermacam-macam program dari tingkat S1 hingga tingkat S3. Klik website berikut untuk informasi pendaftaran lebih rinci.
Untuk siswa Indonesia:
penerimaan.ui.ac.id/id/page/registration
Untuk siswa Internasional:
www.ui.ac.id/en/admission/page/overview

Kalau anda ingin mendaftar ke Departemen Teknik Kimia, ada beberapa dokumen yang perlu dilengkapi:

  1. Ijasah sekolah
  2. Transkrip nilai
  3. Bukti kemampuan berbahasa Inggris bagi yang mendaftar program internasional S1 (www.eng.ui.ac.id/index.php/en/about/6)

Di Departemen Teknik Kimia, anda bisa memilih pembimbing riset ketika anda telah menjadi mahasiswa. Ketika anda mengambil mata kuliah Seminar dan Metodologi Riset, anda bisa memilih pembimbing riset.

Biasanya anda bisa mendaftar sebelum Juni setiap tahun. Untuk informasi rinci, anda bisa mengunjungi:
http://penerimaan.ui.ac.id/

Sepanjang gelar S1 berasal dari latar belakang MIPA atau Teknik, anda bisa mendaftar. Hasil pendidikan non-teknik kimia anda sebagian bisa disetarakan untuk pendidikan tingkat S1 atau S2 anda.

Besarnya biaya pendidikan bervariasi yang didasarkan pada program yang dijalani. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa mengunjungi www.ui.ac.id/en/admission/page/tuition-fee

Universitas Indonesia memberikan bantuan pembiayaan pendidikan kepada mahasiswa program S1 regular. Skema ini dinamakan BOP-B. Kunjungilah website berikut untuk informasi lebih rinci:
www.ayomasukui.com

Segera setelah anda diterima sebagai mahawasiswa S1, anda bisa mengajukan lamaran untuk bantuan pembiayaan pendidikan ketika pendaftaran ulang dibuka oleh Universitas Indonesia.

Tentu saja, ada beberapa beasiswa yang tersedia. Beberapa mahasiswa kami mendapat beasiswa dari DIKTI, LPDP, yayasan-yayasan, beasiswa SPE, PPA-BBM, dan sumber-sumber beasiswa lainnya.

Untuk pertanyaan lebih rinci, anda bisa kontak kami:
Departemen Teknik Kimia
Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Kampus UI
Depok 16424-Indonesia
Telp: 021-786-3516
Fax: 021-786-3515
Email: dtk@che.ui.ac.id