Project Showcase UI dan IATMI: Menggali Ide Inovatif Mahasiswa Untuk Mendukung Target Produksi Migas

Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional 2021 yang jatuh pada tanggal 2 Mei serta menindak lanjuti acara Konfrensi Internasional IATMI Virtual, FGD-3, 10 April 2021 yang lalu terkait dengan persiapan kompetensi dan talen dari mahasiswa, akademia serta skill professional migas, maka acara terpadu dalam bentuk Project Showcase (PSC) telah berhasil diselenggarakan secara virtual pada hari Sabtu, 1 Mei 2021. Acara PSC ini adalah kerjasama antara Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan Ikatan Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) dan Komisariat Saudi Arabia. Model acara PSC ini adalah pertama kalinya diadakan di kampus di Indonesia bahkan di dunia perminyakan internasional, dibuat dalam bentuk idea pitching (mengeksplorasi ide) dimana mahasiswa diberi tenggat waktu hanya 5 menit untuk menyampaikan ide dengan kebaharuan yang tinggi bagaimana mendukung target produksi migas nasional 1 Juta BOPD Minyak dan 12 BSCFD Gas dan berdiskusi lewat sesi challenges dengan para pakar migas nasional dan professional migas diaspora Indonesia yang berdomisili di luar negeri.

Tujuan besar dari acara PSC ini sejatinya untuk meningkatkan keperdulian mahasiswa akan isu-isu terkait industri migas, menumbuhkan ide-ide kreatif serta inovatif dalam bentuk teknologi praktis dalam upaya mencari solusi dalam wadah virtual interaktif dengan kalangan professional migas, pemerintah terkait serta masyarakat halayak. Mahasiswa Universitas Indonesia berjumlah 61 orang berhasil memberikan ide inovasi original dalam tiga bentuk konsep yaitu Perancangan Produk, Perancangan Process dan Artificial Intelligence/Machine Learning dalam upaya meningkatkan target produksi migas nasional. Sekitar 15 pakar serta professional migas diaspora hadir dalam acara virtual ini. Ide-ide inovasi terbaik dari mahasiswa memiliki tingkat kebaharuan yang besar serta berpeluang paten dan aplikatif sehingga nantinya bisa bermanfaat bagi industri migas nasional.

Prof. Asep H. Saputra sebagai Ketua Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia dalam sambutannya menyampaikan bahwa diperlukan ide-ide terobosan untuk mendukung target nasional migas 2030 karena tantangan penemuan cadangan migas yang ada tidaklah mudah sementara itu disisi lain, Indonesia masih terus mengimpor minyak mentah sekitar 800.000 barel per hari untuk kebutuhan dalam negeri. Ide inovasi dari mahasiswa diharapkan mampu memberikan penyegaran serta out of the box yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan migas. Sementara itu Bapak Ir. Hadi Ismoyo dan Bapak Ir. Henricus Herwin selaku perwakilan dari IATMI Pusat menyambut baik inisiatif acara PSC ini serta mengapresiasi ide-ide segar inovatif mahasiswa dan merasakan besarnya peluang diaplikasikan dalam upaya mendukung target migas nasional terutama proyek-proyek pengembangan gas di Natuna dan Masela yang masih dalam kajian.

Acara PSC dibagi menjadi dua sesi dan dibuka oleh Bapak Ir. Bagus Hermawan dari IATMI Komisariat Saudi Arabia, dimana pada sesi pertama setiap kelompok mahasiwa meyampaikan presentasi tidak lebih dari 5 menit untuk menjabarkan latar belakang, tujuan, deskripsi ide serta gambar ide produk, process atau AI/ML. Ide-ide inovatif dari mahasiswa sangat bervariasi, mulai dari pengembangan material serta bahan kimia sebagai alternatif Enhance Oil Recovery, aplikasi Artificial Intelligence untuk memprediksi potensi migas, hingga perancangan teknologi sederhana hingga teknologi canggih untuk mengefisienkan produksi migas. Setelah menyampaikan idenya, pada sesi ke dua, mahasiswa dikritisi oleh beberapa pakar dunia migas yang hadir sebagai panelis untuk digali lebih dalam feasibility serta implementasi dari ide-ide tersebut. Setelah tahap penilaian yang cukup intens, dihasilkan empat ide terbaik yang selanjutnya akan berpotensi tinggi untuk ditindaklanjuti oleh industri migas nasional. Acara berlangsung cukup ramai serta kondusif dan akhirnya selesai dalam kurun waktu 4 jam.

 

Para Peserta PSC IATMI yang di selenggarakan pada tanggal 1 Mei 2021 dihadiri oleh
100 orang peserta baik dalam negeri dan diaspora luar negeri

Pemenang Ide Inovatif Mahasiswa PSC IATMI dalam rangka menunjang target migas Nasional